Pages

Sunday, June 12, 2011

RPP Sifat-Sifat Koloid


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Kimia
Materi Pokok              : Koloid
Sub Materi Pokok       : Sifat-Sifat Koloid
Kelas/Semester            : XI/2
Alokasi waktu             : 2x 45 menit


I.                   Standar Kompetensi
Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

II.                Kompetensi Dasar
Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

III.             Indikator
·         Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (Efek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, adsorpsi, koagulasi).
·         Menjelaskan koloid liofob dan liofil.

IV.             Tujuan Pembelajaran
Setelah Pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
·         Menjelaskan tentang efek tyndall
·         Menjelaskan tentang gerak brown
·         Menjelaskan tentang dialisis
·         Menjelaskan tentang elektroforesis
·         Menjelaskan tentang Adsorpsi Koloid
·         Menjelaskan tentang koagulasi
·         Menjelaskan tentang koloid liofob dan liofil

V.                Analisis Materi Pelajaran
A.    Materi Prasyarat
Campuran merupakan salah satu jenis materi yang terdiri dari dua atau lebih zat murni yang dapat dipisahkan secara fisika, contoh  paduan logam, tanah, air, lumpur, air sumur, asap, udara, air gula, kabut, dan lain-lain.
Campuran dapat dibedakan sebagai campuran heterogen dan campuran homogen. Ciri-ciri kedua jenis campuran tersebut dapat kita lihat pada tabel berikut.
Campuran Heterogen
Campuran Homogen
1.      Bidang batas antar komponen penyusun jelas tampak
1. Bidang batas antar komponen penyusun tidak tampak
2.      Komposisi komponen penyusun disetiap bagian campuran tidak sama
2. Komposisi komponen penyusun disetiap bagian campuran sama
3.      Komponen campuran dapat diamati langsung
3. Komponen campuran tidak dapat diamati langsung










Campuran heterogen dinamakan suspensi dan campuran homogen dinamakan larutan sejati atau sering disebut juga larutan.

B.     Materi yang akan Dikembangkan
            Sifat-sifat Koloid
Beberapa sifat-sifat koloid diantaranya:
·       Efek Tyndall
Efek Tyndall merupakan satu bentuk sifat optik yang dimiliki oleh sistem koloid. Pada tahun 1869, Tyndall menemukan bahwa apabila suatu berkas cahaya dilewatkan pada sistem koloid maka berkas cahaya tadi akan tampak. Tetapi apabila berkas cahaya yang sama dilewatkan pada dilewatkan pada larutan sejati, berkas cahaya tadi tidak akan tampak. Singkat kata efek Tyndall merupakan efek penghamburan cahaya oleh sistem koloid.
·       Gerak Brown
Sistem koloid juga mempunyai sifat kinetik selain sifat optic yang telah dijelaskan diatas. Sifat kinetik ini dapat terjadi karena disebabkan oleh gerakan termal dan gravitasi. Dua hal ini menyebabkan sistem koloid dapat bergerak zig-zag. Gerakan ini pertama ditemukan oleh seorang ahli biologi yang bernama Robert Brown yang melakukan pengamatan pada serbuk sari dengan menggunakan mikroskop, sehingga dinamakan gerak Brown.
·       Dialisis
Pergerakan ion-ion dan molekul kecil melalui selaput semipermeabel (yang tidak dapat dilalui partikel koloid) disebut dialysis.
·       Elektroforesis
Elektroforesis adalah gerakan partikel koloid karena pengaruh medan listrik. Karena partikel koloid mempunyai muatan maka dapat bergerak dalam medan listrik. Jika ke dalam koloid dimasukkan arus searah melalui elektroda, maka koloid bermuatan positif akan bergerak menuju elektroda negatif dan sesampai di elektroda negatif akan terjadi penetralan muatan dan koloid akan menggumpal
·       Koagulasi
Proses penggumpalan partikel koloid dan pengendapannya disebut Koagulasi. Dengan terjadinya koagulasi, berarti zat terdispersi tidak lagi membentuk koloid. Koagulasi dapat terjadi secara fisik seperti pemanasan, pendinginan dan pengadukan atau secara kimia seperti penambahan elektrolit, pencampuran koloid yang berbeda muatan.
·       Adsorbsi
Beberapa sistem koloid mempunyai sifat dapat melakukan penyerapan (adsorbsi) terhadap partikel atau ion atau senyawa lain. Penyerapan pada permukaan disebut adsorbsi, sedangkan penyerapan sampai pada lapisan dalam disebut absorbsi. Daya penyerapan ini menyebabkan beberapa sistem koloid mempunyai muatan tertentu sesuai muatan yang diserap.

VI.         Metode Pembelajaran
Metode            : Ceramah bermakna, diskusi, dan Demonstrasi.
Pendekatan     : keterampilan proses
Model              : STM

VII.     Skenario Pembelajaran

Kegiatan
Langkah-Langkah
KEGIATAN AWAL




















KEGIATAN INTI
Tahap Penyajian
Materi
Tahap kegiatan kelompok
















KEGIATAN AKHIR

Pendahuluan
1.   Siswa dicek  prasyarat pengetahuan materi koloid
·      Apa yang dimaksud dengan koloid?
·      Sebutkan contoh-contoh koloid dalam kehidupan sehari-hari?
·      Sebutkan jenis-jenis koloid yang kalian ketahui?
2.   Siswa diberi pertanyaan oleh guru sebagai pengantar kepada materi yang akan dipelajari
·      Pada saat kalian bangun di pagi hari. Pernahkah kalian melihat seberkas cahaya matahari yang masuk melewati celah jendela?
·      Pernahkah kalian memperhatikan ketika berkas cahaya masuk melalui celah jendela, terlihat debu yang berhamburan?
·      Mengapa hal itu dapat terjadi?
3.   Baiklah anak-anak untuk menjawab pertanyaan tadi, sekarang kita akan belajar tentang sifat-sifat koloid melalui halaman web.
4.   Guru menginformasikan kepada siswa tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan pembelajaran berbasis web.

Kegiatan Inti
Siswa mendapatkan materi dari guru melalui halaman web. Dengan deskripsi :
1.      Efek Tyndall
2.      Gerak Brown
3.      Adsorbsi
4.      Elektroforesis
5.      Koagulasi
6.      Dialisis
7.      Koloid Liofil dan Liofob
8.      Pengolahan Air Bersih
·      Siswa dan guru bersama-sama membahas peta konsep sifat-sifat koloid dalam halaman web.
·      Siswa di tunjuk untuk mengerjakan soal yang disediakan oleh halaman web dipandu oleh guru dari satu nomor ke nomor lainnya. (siswa ditunjuk secara acak sebelum  melanjutkan soal berikutnya untuk menjawab alasan jawaban).
·      Siswa bersama-sama guru menonton video pada halaman web untuk memberikan rangsangan agar siswa tidak merasa bosan.

Penutup
·      Siswa diberi soal penugasan untuk dikerjakan di rumah.
·      Jika waktu yang kegiatan pembelajaran masih ada (lama), siswa diberi pengayaan . Jika waktu tidak cukup, siswa diberi arahan guru untuk mendownload halaman web guru.
·      Kelompok siswa yang mendapatkan skor tertinggi mendapatkan penghargaan dari guru.
·      Siswa diberikan penjelasan konsep inti dari setiap materi yang telah didiskusikan tersebut sebagai penguatan dari guru.

VIII.       Media dan Sumber
A.    Media        :
1.    Papan tulis
2.    Multimedia
3.    Alat Tulis Kelas
4.    Lembar kerja Siswa

B.     Sumber     :
1.  Silabus mata kuliah SMA (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
2.  Buku kimia SMA KTSP kelas XI
3.  Internet







0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More